Saluran Bisnis Kecil: Strategi Untuk Sukses Di Era Digital
Saluran Bisnis Kecil: Strategi Untuk Sukses Di Era Digital – Strategi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk direncanakan ketika menjalankan bisnis. Seperti pepatah yang sering kita dengar, “Jika kita gagal merencanakan, maka kita merencanakan kegagalan.” Iya sobat UKM, strategi itu penting untuk bisnis kita.
Lalu strategi apa saja yang harus disiapkan? Jawabannya tentu banyak sekali, namun salah satunya adalah strategi pemasaran, karena konsumen yang membeli produk kita pasti melalui tahapan yang berbeda-beda. Kami biasanya menyebutnya fungsi.
Saluran Bisnis Kecil: Strategi Untuk Sukses Di Era Digital
Yang menarik saat ini adalah proses pembelian telah berubah seiring dengan pertumbuhan digital. Di era digital saat ini, pemasaran digital (internet marketing) membantu meningkatkan omzet para pelaku usaha.
Gali Potensi Bisnis Jaringan Internet: Strategi Sukses Di Era Digital
Sayangnya, penggunaan teknologi digital di Indonesia saat ini paling rendah di antara 19 negara yang terdaftar. Namun kondisi ini merupakan peluang besar yang perlu dioptimalkan. Nah sobat UKM, bagaimana strategi digital marketing yang efektif untuk melipatgandakan omzet kita?
Dengan hadirnya digital, saluran ini menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Sebelum membahas tahapan fungsi di era digital, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu digital marketing.
Definisi sederhana dari digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan internet. Banyaknya interaksi di dunia online membuat kita dan pelanggan tentu saja tidak bisa lepas dari internet.
Hampir semua kalangan dan profesi membutuhkan Internet. Ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman UKM. Sahabat UKM bisa menawarkan dan menjual produknya secara online. Selain itu, ada sejumlah manfaat bagi usaha kecil dan menengah yang mengoptimalkan pemasaran digitalnya, antara lain sebagai berikut.
10 Digital Marketing Tools Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis
Sahabat UKM terkasih, pernahkah Anda bermimpi negara tetangga seperti Singapura, Thailand, bahkan Amerika Serikat bisa mengetahui produk yang kita jual? Jika iya, internet adalah satu-satunya sumber yang bisa melakukan hal tersebut.
Sahabat UKM dapat beriklan di media online sehingga siapapun yang memiliki akses internet, apapun letak geografisnya, dapat membaca dan mempelajari produk yang kami tawarkan.
Dalam digital marketing, kita bisa menjangkau calon pelanggan yang spesifik dan spesifik, yaitu calon pelanggan yang tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Hal ini penting karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk melakukan pembelian.
Dibandingkan dengan pemasaran offline, seperti membagikan brosur, membuat spanduk, atau mengunjungi rumah secara acak, hal ini pasti lebih kecil kemungkinannya untuk dibeli.
Pengenalan Digital Marketing: Panduan Lengkap Untuk Pemula..
Melalui digital marketing, sobat dapat mengontrol jumlah pengunjung atau pelanggan toko online atau website kita. Data ini akan didokumentasikan dengan baik dan kami dapat menggunakannya sebagai pemeriksaan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang telah kami terapkan.
Berbeda dengan toko offline, dimana kita tidak memiliki data yang terdokumentasi dengan baik mengenai jumlah pelanggan, jam sibuk dan sepi, serta ada tidaknya event tertentu yang menempati toko kita. Oleh karena itu, mengendalikan efektivitas pemasaran offline menjadi sulit.
Banyak pebisnis yang menggunakan digital marketing sebagai strategi untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah, atau biasa kita sebut dengan cost cutting. Bahkan, sahabat pebisnis kecil dan menengah bisa mengoptimalkan pemasaran digitalnya secara gratis.
Sebutkan penggunaan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Sahabat UKM hanya memiliki kuota online. Selain itu, sahabat UKM dapat memposting foto dan informasi mengenai produk unggulan secara gratis dan mudah.
Cara Menghasilkan Uang Dari Jasa Digital Marketing
Meski berbayar, biaya yang biasanya digunakan untuk periklanan digital lebih murah dibandingkan pemasaran tradisional. Sebutkan televisi, radio, atau media cetak yang dahulu pernah digunakan sebagai media periklanan.
Biayanya puluhan juta, bahkan mungkin ratusan juta, di media. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi para pedagang yang skala usahanya tergolong kecil.
Jadi kita bisa menggunakan iklan dalam pemasaran digital. Dengan biaya Rp 50.000 per hari, kita bisa beriklan dengan Facebook Ads, Google Ads, dan Instagram Ads. Lebih murah, bukan? (sumber foto: fiverr.com).
Bagaimana sobat UKM, bukankah kita bisa mendapatkan banyak manfaat melalui digital marketing? Tapi, tentu saja, bukan itu saja. Agar program pemasaran digital dapat berjalan efektif dan efisien, kita tetap perlu menerapkan perencanaan strategis.
Mengenal 10 Skill Digital Marketing Dan Cara Mempelajarinya!
Ketika Sobat UKM mempunyai media pemasaran digital, misalnya website, apakah pelanggan yang mengunjungi situs tersebut akan serta merta membeli produk yang ditawarkan? Tidak perlu dijawab, mungkin iya atau tidak.
Seperti yang telah dibahas pada fitur sebelumnya, ketika calon pelanggan masuk ke toko online kita, maka akan memakan waktu cukup lama sebelum akhirnya dia menjadi pelanggan kita. Mari kita lihat apa saja tahapan yang dilalui konsumen dalam pemasaran digital.
AIDA adalah sebuah kata yang harus diingat oleh para sahabat pebisnis kecil dan menengah ketika membahas tonggak penting. Itu bukan nama seseorang, melainkan akronim dari pengertian, minat, semangat, dan tindakan. Model ini menggambarkan proses dimana konsumen mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.
Dari pertama mengetahui keberadaan produk tersebut, kemudian menjadi tertarik terhadap produk tersebut (interest), mempunyai keinginan atau keinginan untuk membeli produk tersebut (desire), hingga akhirnya konsumen membeli produk yang diinginkan (action). Ya, ini merupakan langkah fungsi dasar yang sering digunakan dalam pemasaran. Mari kita lihat lebih dekat setiap tahapnya.
Strategi Digitalisasi Industri 4.0 Yang Tepat Bagi Perusahaan
Sebagai pasar tentunya banyak terdapat toko dan pedagang. Kecenderungan kita adalah mengunjungi toko atau retailer yang sudah kita kenal, kenal, atau kenal. Apakah itu benar? Sama dengan pemasaran digital.
Dalam dunia online tentunya banyak terdapat toko online baik yang berbentuk website, media sosial seperti Instagram dan Facebook, serta toko-toko di platform e-commerce/pemasaran seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee. dll.
Sebaiknya sahabat UKM mengedukasi calon konsumen terlebih dahulu tentang toko online kita. Edukasi ini dapat dilakukan melalui iklan atau kampanye.
Sahabat UKM juga dapat melakukannya secara gratis dengan cara berbagi ke jaringan melalui Whatsapp, update akun media sosial melalui teman UKM atau berbagi informasi melalui email.
Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing
Ketika calon pelanggan masuk ke toko online kita, maka status calon pelanggan tersebut berubah dari audiens (penonton) menjadi pengunjung (guest). Jadi, kata kunci utama pada langkah pertama ini adalah memberi tahu calon pelanggan tentang toko online bahwa mereka memiliki teman UKM. Karena ingat, calon konsumen akan mendatangi toko atau vendor yang kita kenal atau kenal.
Pernahkah teman-teman UKM Anda ke suatu toko, memutuskan untuk tidak membeli apa pun, lalu pergi lagi? Apakah biasanya sahabat UKM mengambil keputusan seperti ini? Ya, bisa jadi karena produknya kurang menarik, tidak bisa dibedakan dengan produk kompetitor, atau suasana toko yang tidak nyaman, proses pembayaran yang ribet, dan lain-lain.
Hal yang sama juga bisa terjadi pada toko online. Meskipun Sahabat UKM dapat mengubah audiens kita menjadi pengunjung dengan mengunjungi toko online kita, pengunjung tersebut tidak perlu melakukan pembelian. Sahabat UKM harus bisa meyakinkan para pengunjung tersebut agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
Kita harus menjelaskan dengan jelas keunggulan produk dibandingkan produk sejenis dari kompetitor. Pengunjung menganggapnya relevan dan relevan. Terakhir, sajikan konten ini dengan visual yang menarik, seperti gambar, video kursus, atau infografis.
5 Tantangan Bisnis Dan Strategi Menghadapinya
Selain itu, kenyamanan berbelanja online juga sangat penting. Sahabat pebisnis kecil dan menengah bisa melakukannya dengan membuat website yang sederhana dan user-friendly atau mudah digunakan. Kriteria user-friendly pada sebuah toko online antara lain nama domain yang mudah diingat, tampilan yang konsisten dan dapat dipindai, desain yang responsif dan responsif, waktu pemuatan yang relatif cepat, dan bahasa konten yang sederhana.
Ketika pengunjung tertarik dengan produk yang kita tawarkan, kini saatnya kita menindaklanjutinya. Ya, hal ini penting dilakukan karena pengunjung yang berminat tidak harus langsung membeli. Apa yang bisa teman-teman UKM lakukan?
Sahabat UKM bisa mengikutinya dengan memberikan promosi menarik seperti diskon, gratis ongkos kirim atau bagi-bagi hadiah. Selain itu, Sahabat UKM juga dapat menambahkan informasi terkait testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan produk Sahabat UKM.
Testimoni ini sangat penting untuk membangun kepercayaan dan keyakinan pengunjung Anda. Jika pengunjung tertarik terlebih dahulu maka mereka akan lebih percaya diri dan pada akhirnya akan mengambil keputusan pembelian terhadapnya.
Bincang Umkm: Strategi Bisnis Sukses Di Era Digital
Ketika pengunjung membeli produk kita, statusnya berubah dari calon pelanggan menjadi pelanggan. Seperti halnya persahabatan yang berawal dari pertemuan orang asing, tentunya teman-teman UKM pun seharusnya menjalin persahabatan tersebut bukan? Sama dengan pelanggan kami.
Pada fase terakhir ini, mitra usaha kecil dan menengah harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Menumbuhkan rasa memiliki terhadap produk pada pelanggan kami. Sahabat pebisnis kecil dan menengah bisa membuat program loyalitas pelanggan agar bisa meningkatkan pembelian produknya, atau membuat program bagi pelanggan untuk mempromosikan produk kita dan mengajak jaringannya untuk menggunakan produk yang kita tawarkan.
Program semacam itu dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merek. Secara langsung, para pelanggan ini menjadi pemasar bagi bisnis kita.
Namun perlu diingat bahwa pelanggan bersedia merekomendasikan produk kita ke jaringannya jika mereka yakin bahwa kualitas produk kita tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, sangat penting bagi sahabat usaha kecil dan menengah untuk mengevaluasi produk dan memberikan pelayanan yang baik.
Digital Marketing: Pengertian, Strategi, Konsep, Dan Tujuan
Sahabat UKM juga dapat mengajak klien untuk berpartisipasi aktif dan memberikan masukan yang membangun. Sekali lagi, ini akan meningkatkan keterlibatan dan kehadiran pelanggan. Menarik bukan?
Sobat pebisnis kecil menengah, setiap strategi pemasaran yang diterapkan pasti mempunyai tujuan atau sasaran, agar…